JAKARTA, mataberita.co.id__ Platform layanan perjalanan Bounce merilis daftar peringkat 50 maskapai di seluruh dunia. Pada bagian bawah daftar, ternyata ada dua maskapai asal Indonesia, yakni Lion Air dan Wings Air. Daftar dibuat berdasarkan survei yang dilakukan platform tersebut dengan menganalisis maskapai penerbangan dari berbagai negara di dunia. Melansir laman resmi Bounce, pada Jumat (11/11/2022) Lion Air berada di peringkat pertama sebagai maskapai internasional terburuk dengan skor 0,72.
“Maskapai (Lion air) itu tercatat memiliki tingkat kedatangan tepat waktu hanya 42,27 persen dengan persentase pembatalan 34,43 persen,” demikian tertulis dalam laman Bounce, pada Selasa (25/10/2022). Artinya, maskapai anggota Lion Group tersebut sering terlambat. Bahkan sepertiga penerbangan Lion Air dibatalkan dalam satu tahun terakhir. Sedangkan penilaian layanan makanan dan hiburan dalam penerbangan Lion Air hanya 1/5, dan untuk kenyamanan kursi serta layanan pelanggan, skornya 2/5.
Maskapai Wings Air juga masuk dalam daftar dengan peringkat terburuk di dunia. Maskapai yang juga bagian Lion Air Group itu berada di urutan kedua, setelah Lion Air dengan skor 1,11. Sedangkan berdasarkan statistik kedatangan dan pembatalan serta ketepatan waktu, masing-masing 49,78 persen dan 20,63 persen. Selain itu, Wings Air hanya mendapatkan penilaian 2/5 untuk layanan staf dan kenyamanan kursi, serta nilai 1/5 untuk makanan dan hiburan. Berikutnya ada pula maskapai Batik Air.
KLIK JUGA : Sejumlah Investasi Ilegal Berbasis Judi Online Diproses, Yagoal Online Kapan Gilirannya?
Maskapai tersebut yang menduduki peringkat 17 dengan tingkat ketepatan waktu 62,64 persen dan pembatalan dengan skor 16,01 persen. Adapun 10 Maskapai terburuk di dunia Berikut daftar lengkap beserta skor 10 maskapai terburuk di dunia.
- Lion Air, Indonesia dengan skor 0,72
- Wings Air, Indonesia dengan skor 1,11
- Flydubai, Uni Emirat Arab dengan skor 1,18
- AirAsia India, India dengan skor 1,34 Shenzhen Airlines,
- China dengan skor 1,54 VivaAerobus,
- Mexico dengan skor 1,56 Wizz Air,
- Hungary dengan skor 1,79 Ryanair,
- Irlandia dengan skor 2,06 AirAsia,
- Malaysia dengan skor 2,06 Volaris,
- Meksiko dengan skor 2,15
Peringkat tersebut dipertimbangkan dari penilaian sejumlah faktor. Yakni ketepatan waktu, catatan pembatalan, peringkat pelanggan, penawaran bagasi gratis dan hiburan selama penerbangan. Penilaian lainnya adalah layanan pelanggan, kenyamanan tempat duduk, hingga ketentuan berat bobot jinjingan pada 62 maskapai penerbangan terbesar dunia.
Discussion about this post