MataBerita – Suzuki Motor Corporation secara resmi mengumumkan kehadiran logo barunya pada pekan ini, 22 September.
Meskipun masih menggunakan lambang huruf ‘S’ yang ikonik, logo baru ini tampil dengan tipografi yang lebih ‘flat’ dan beraksen warna keperakan yang segar.
Ini adalah perubahan logo pertama yang dilakukan perusahaan setelah evolusi desain terakhir 22 tahun silam.
Baca Juga: Banyak Spekulasi Beredar terkait Pengganti Nissan GT-R, Ini Kata Hiroshi Tamura
Filosofi “By Your Side” dan Era Digital
Logo baru ini bukan sekadar perubahan visual, melainkan refleksi dari slogan perusahaan, “By Your Side”.
Perubahan ini bertujuan untuk memperkuat komitmen Suzuki dalam “menempatkan diri pada posisi pelanggan”.
Filosofi ini akan menjadi dasar bagi pengembangan teknologi dan produk baru Suzuki di masa mendatang.
Selain itu, logo baru ini juga melambangkan kesiapan pabrikan yang didirikan pada tahun 1909 ini untuk menyongsong era serba digital dan selalu responsif terhadap perkembangan infrastruktur mobilitas yang akan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.
Komitmen Lingkungan dan Detail Desain
Salah satu unsur modernitas yang terkandung dalam logo baru adalah kepedulian Suzuki terhadap lingkungan.
Logo yang akan dipasang pada produk-produk mereka tidak lagi menggunakan krom, melainkan berlabur warna keperakan yang cerah.
Baca Juga: Xiaomi Umumkan Recall Besar-besaran untuk Model SU7 Standard Edition, Ada Apa?
Hal ini merupakan simbol upaya perusahaan untuk mengurangi dampak lingkungan.
CEO Suzuki, Toshihiro Suzuki, menegaskan bahwa lambang baru ini adalah perwujudan filosofi lama Suzuki dalam menciptakan produk yang memiliki nilai dengan selalu berempati pada posisi pelanggan.
Logo baru ini akan ditahbiskan secara resmi dan tampil perdana di ajang “Japan Mobility Show 2025” yang akan diselenggarakan mulai 31 Oktober hingga 9 November 2025.